Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang
BeritaEventGaleri

TINGKAT EMISI SUMBER BERGERAK DI KOTA BONTANG SANGAT BAIK

Bontang, 27 Juni 2023 – Bertemp

at di kediaman Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, kegiatan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Roda Empat dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 di hari kedua berjalan lancar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kota Bontang, Heru Triatmojo S.P., M.Si., menyatakan bahwa salah satu bentuk kontribusi dalam mengurangi dampak dari perubahan iklim adalah dengan melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor guna mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menciptakan udara bersih dan sehat di Kota Bontang serta untuk mendukung Program Langit Biru.

Wali Kota Bontang, Basri Rase, S.IP., M.Si., melalui sambutannya sangat mengapresiasi dengan pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menyampaikan bahwa kualitas udara di Kota Bontang masuk dalam kategori baik berdasarkan penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Hal ini dapat dicapai dengan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Bontang, khususnya para mitra perusahaan yang terus melakukan upaya-upaya inovatif untuk menekan tingkat laju pencemaran udara serta dukungan atas program-program pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup untuk menciptakan Kota Bontang yang berkelanjutan.

Pada hari kedua ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang bekerja sama dengan para mitra perusahaan berhasil melakukan uji emisi kendaraan bermotor roda empat sebanyak 111 unit kendaraan, yang terdiri dari 91 unit kendaraan berbahan bakar bensin dan 20 unit kendaraan berbahan bakar diesel. Dengan demikian, kendaraan yang mengikuti kegiatan uji emisi selama dua hari seluruhnya berjumlah 204 unit kendaraan, dengan hasil lulus uji emisi sebanyak 190 unit kendaraan. Secara persentase hasil dari uji emisi menunjukkan sebanyak 93% kendaraan dinyatakan lulus uji emisi. Hasil kegiatan ini menjadi salah satu tolok ukur bahwa tingkat emisi bergerak di Kota Bontang dalam keadaan sangat baik.

Dari uji emisi kendaraan kali ini sebanyak 7% dinyatakan tidak lulus uji atau hasil diatas ambang batas emisi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah keadaan tersebut adalah melakukan penyetelan (tune-up) kendaraan secara teratur, melakukan servis kendaraan secara berkala, menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, dan memeriksa emisi kendaraan bermotor secara berkala.

Diharapkan kegiatan Uji Emisi Kendaraan Bermotor ini akan rutin diadakan setiap tahunnya untuk mendorong upaya-upaya yang inovatif guna menurunkan konsumsi bahan bakar minyak kendaraan bermotor, sekaligus menekan tingkat laju pencemaran udara khususnya di Kota Bontang.